ad

Senin, 29 Desember 2014

7 Tips Menghindari Penipuan di Facebook


 Jumlah pengguna Facebook saat ini sudah lebih dari 1 miliar. Tak heran jika situs pertemanan tersebut sering menjadi target ladang penyebaran pesan spam, phishing scam atau penyusupan malware. Ancaman keamanan ini tidak bisa dicegah, namun bisa dihindari.

Salah satu cara menghindari scam (penipuan) di Facebook adalah dengan mengenali scam itu sendiri, dan selalu waspada ketika online. Kenali trik-trik yang biasa dipakai.

Scam di Facebook umumnya memanfaatkan Wall untuk menjaring korbannya. Jebakan yang biasa digunakan adalah dengan tawaran hadiah gratis atau menyuruh korban menginstal aplikasi atau video tertentu, dengan cara mengklik sebuah link yang jika diklik akan berpotensi terkena malware atau jadi korban phishing.

Modus serangannya biasanya memanfaatkan salah satu dari modus ini, yaitu: rasa keingintahuan manusia yang mengundang seseorang tertarik untuk mengkliknya, eksploitasi terhadap peristiwa tertentu yang menghebohkan seperti bencana alam, atau anjuran menginstal aplikasi.

Berikut ini 7 tips yang bisa dijadikan panduan agar Anda terhindar dari scam di Facebook.

1. Teliti lagi pesannya. Apakah pesan yang Anda terima terlihat aneh dari pesan yang biasanya dikirim teman Anda? Misalnya: jika teman Anda biasa ngobrolin soal game, lalu tiba-tiba ia mengirim pesan yang tidak biasanya seperti "OMG! Look at this video", kemungkinan besar pesan itu tidak sengaja dikirimnya karena akunnya sendiri mungkin sudah disusupi. Intinya, jika pesan tampak aneh/tidak biasa atau tidak sesuai dari karakter postingan teman Anda, maka jangan klik link tersebut.

2. Cek news feed Facebook Anda. Apakah pesan aneh tersebut tiba-tiba muncul di Facebook Anda beberapa kali? Jika iya, kemungkinan itu adalah penipuan yang dikirim secara otomatis.

3. Perhatikan setiap permintaan otorisasi untuk setiap aplikasi yang Anda install. Contohnya: untuk menampilkan video, sebuah aplikasi di Facebook seharusnya tidak perlu mengakses semua informasi Anda atau meminta izin untuk memposting sesuatu ke Wall Anda. Cek selalu aplikasi yang meminta otorirasi. Sebelum menginstal aplikasi, cek nama dan validitasnya.

4. Berhati-hatilah jika Anda mendapat pesan aneh berisi link dari teman Anda, sementara teman Anda tersebut tidak biasanya posting seperti itu.

5. Selalu verifikasi URL sebelum mengkliknya. Coba arahkan kursor mouse Anda ke link tersebut (tapi jangan klik), cek detil link tersebut di footer browser Anda apakah link tersebut merupakan URL Phishing. URL phishing sekilas mirip dengan URL sebuah situs terkenal. Misalnya YouTube.com, namun ketika diklik alamat URL-nya malah YoueTube.com.

6. Jika Anda mengklik sebuah link lalu muncul halaman yang isinya aneh atau mencurigakan, jangan klik link atau icon apapun pada halaman tersebut.

7. Jika pesan terlihat mencurigakan, segera hapus dari wall Facebook Anda. Jangan sampai terperangkap penipuan klasik seperti ini. (http://oppo.liputan6.com/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar