ad

Minggu, 14 Juli 2013

Detail Organisasi Kejahatan Paling Kejam di Jepang Ada di Yakuza Indonesia


 
Tidak banyak buku yang ditulis dalam bahasa Indonesia mengungkapkan soal Yakuza, sebuah organisasi kejahatan terstruktur di Jepang. Selama ini, informasi yang didapatkan cuma sepotong saja atau malah banyak yang salah kaprah mengenai seperti apa Yakuza itu.

Kini, informasi mengenai organisasi kejahatan itu serta seluk beluk serta cara masuknya ke Indonesia bisa ditemukan di buku berjudul Yakuza Indonesia yang ditulis oleh Richard Susilo. Perlu diketahui Richard memiliki latar belakang sebagai wartawan sehingga menjadikan buku ini tersaji dalam sudut pandang seorang jurnalis.

Malang melintang di dunia jurnalis selama puluhan tahun membuat Richard tertarik untuk menyelidiki seperti apa organisasi yang melahirkan sejumlah tokoh ternama di antaranya yaitu kakek mantan PM Jepang Junichiro Koizumi, Matajiro Koizumi, yang pernah menjabat sebagai Menteri Perhubungan Jepang.

Bagi pencinta kebudayaan Jepang, buku ini bisa menjadi satu dari sejumlah referensi untuk memperkaya khasanah pengetahuan terutama silsilah pengelompokan di organisasi Yakuza. Pada bagian akhir buku, ada beberapa istilah yang menyangkut Yakuza serta tanya jawab mengenai seperti apa Yakuza itu.

Buku yang diterbitkan Kompas Penerbit Buku ini menggunakan gaya bahasa yang sederhana dan mengalir sehingga ketika membacanya seperti mendengar penulis bertutur dan memberikan informasi di depan Anda. Jadi, tak perlu mengerutkan kening untuk mencernanya karena buku ini dikemas untuk memudahkan pembaca memahami berbagai sisi kehidupan Yakuza meski sebagian dari istilah itu menggunakan bahasa Jepang.

Buku ini juga sedikit mengulas tentang kelompok mafia, sebuah kelompok kejahatan terorganisir di Italia, yang mirip dengan Yakuza. Namun, penulis memberikan penjelasan lebih dalam mengenai perbedaan mendasar dari kedua organisasi kejahatan ini dalam buku yang akan dijual di jaringan toko buku Gramedia di seluruh Indonesia pada pekan depan. Jadi, sebaiknya jangan sampai ketinggalan menjadi orang pertama mengetahui sisi terdalam kelompok Yakuza yang selama ini sudah jadi legenda dan sering dijadikan sumber inspirasi untuk buku, film, serial televisi, bahkan film dokumenter.


Judul: Yakuza Indonesia
Pengarang: Richard Susilo
Penerbit: Kompas Penerbit Buku
Tahun Terbit: 2013
ISBN: 978-979-709-725-7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar