ad

Jumat, 12 Juli 2013

"I'm Serious Guys", Penipuan Baru di Facebook




Banyak kasus penipuan yang terjadi di internet, salah satunya di situs jejaring sosial Facebook. Terkini, peneliti dari ThreatTrack Security berhasil menemukan skema penipuan baru yang berusaha menjebak pengguna Facebook.

Dilansir dari Softpedia, Rabu (10/6/2013), menurut Chris Boyd dari ThreatTrack Security, penipuan baru ini bermula dari postingan di Facebook dengan keterangan, "I’m serious guys if you people don’t stop posting this of me I will be erasing my account [link].”

Pengguna yang meng-klik link itu akan diarahkan ke sebuah halaman Tumblr, yang telah dirancang untuk mengarahkan pengguna yang telah terjebak ke situs phishing Facebook. Setelah korban memasukkan informasi alamat email dan password, lalu akan muncul halaman lain yang meminta pengguna menjawab pertanyaan keamanan.

Setelah itu, pengguna Facebook akan digiring ke halaman lain dan meminta mereka untuk memasang pembaruan Flash Player yang diklaim akan diperlukan untuk melihat video. Perlu diingat, file yang disuguhkan oleh situs palsu itu bukan pembaruan Flash Player asli.

Jika pengguna mengikuti semua situs phishing itu, maka akan ada pemberitahuan bahwa pemasangan Flash Player tadi gagal dan komputer harus di restart untuk mencegah kerusakan sistem. Namun yang terjadi sebenarnya ialah ancaman cyber mulai memasang Java dan mengunduh file .JAR.

Pembaruan Flash Player palsu itu ternyata identik dengan kampanye spam yang dilakukan di Twitter pada 2012. Namun untuk kasus terbaru ini, belum diketahui tujuannya. Hal ini karena file yang diunggah dan tujuan penjahat cyber berbeda-beda. (techno.okezone.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar